LAVA TOUR MERAPI YOGYAKARTA - Wisata

Hot

Post Top Ad

Tuesday, November 7, 2017

LAVA TOUR MERAPI YOGYAKARTA

Fenomena destinasi wisata semakin hari semakin bervariasi. Bahkan bencana sekalipun mampu menjadi daya tarik wisata tersendiri, salah satunya yang berada di kecamatan Cangkringan, Yogyakarta. Kecamatan Cangkringan berjarak hanya 7-10 Km dari puncak Gunung Merapi.
LAVA TOUR
Wisata Lava Tour Merapi, Sumber https://www.facebook.com/lavatourmerapijeep
Secara letak geografis sebagian dari wilayah Cangkringan ini termasuk kedalam Kawasan rawan bencana III, seperti di desa Umbulharjo, Glagahharjo, Kepuharjo, Wukirsari dan Argomulyo. Zona kawasan rawan bencana III ini menurut para ahli merupakan kawasan yang sering terlanda awan panas, aliran lava, lontaran atau guguran batu (pijar), dan gas beracun. Wilayah ini sebenarnya dilarang untuk tinggal dan beraktifitas manusia. Maka dari itu sebagian desa di kecamatan Cangkringan pada dasarnya harus bebas dari aktifitas manusia.

Akan tetapi bagi Anda pecinta tantangan ataupun wisata berbasis petualangan, areal dapat anda coba untuk kegiatan wisata. Tentu harus didampingi oleh masyarakat lokal yang mengerti betul karakteristik kawasan alam disini. Salah satu bentuk paket wisata yang dikelola masyarakat disana (lereng Gunung Merapi) adalah wisata Lava Tour. Lava Tour sendiri merupakan salah wisata yang dikembangkan di daerah KRB III tersebut.

Ada beberapa wahana di dalam Lava Tour seperti Bungker Kali Adem, Batu Alien, Petilasan Mbah Marijan, makam Mbah Marijan, Musium “Sisa Hartaku” dan juga sensasi offroad di Kali Kuning. Untuk mengakses wahana tersebut disediakan juga mobil jeep untuk menuju ke tempat-tempat yang menarik disana. Sekali lagi dibutuhkan pemandu, walaupun tidak menutup kemungkinan membawa mobil sendiri, hanya saja medan yang terjal sangat sulit untuk dilalui mobil biasa, serta kondisi alamnya yang cukup menantang.
LAVA TOUR
Wisata Lava Tour Merapi, Sumber https://www.facebook.com/lavatourmerapijeep/
Dengan menggunakan mobil jeep para wisatawan diajak berkeliling melihat daerah dampak erupsi Gunung Merapi 2010 serta yang ingin merasakan sensasi off road. Para wisatawan akan diajak mendaki Gunung Merapi yang terdampak erupsi menggunakan mobil double gardan, lalu mengunjungi daerah dampak erupsi dan Museum Erupsi Merapi yang dibangun swadaya oleh masyarakat korban erupsi Gunung Merapi.


Walaupun lava tour merupakan aktifitas wisata yang sangat menantang. Walaupun berada di kawasan zona bahaya, tentu masih cukup aman jika kita bersama pemandu yang cukup memiliki pengetahuan mengenai kawasan sekitar serta mengerti karakteristik alam disana. 

No comments:

Post a Comment