Author : Ahmad Rosidi Syahid
Founder : www.studipariwisata.com
Saya sangat yakin bahwa Anda pernah mendengar tentang situs ulasan hotel dan perjalanan wisata. Kita ambil contoh yang paling populer seperti TripAdvisor yang kini sudah mendapat lebih dari 435 juta ulasan, dengan rata-rata 390 juta kunjungan per-bulan.
Dengan jumlah sebesar itu, dampak yang ditimbulkan dari situs-situs ulasan (tidak hanya TripAdvisor) bisa jadi juga sangat besar untuk usaha pariwisata Anda.
Banyak mendapatkan ulasan positif akan membuat calon konsumen semakin yakin untuk melakukan pemesanan, namun jika banyak ulasan bernada negatif yang biasanya disimbolkan dengan jumlah bintang kurang dari 2 atau bahkan tidak mendapatkan bintang sama-sekali, Anda mesti sudah tahu bagaimana dampaknya.
Itulah mengapa sangat penting sekarang ini untuk selalu mengawasi berbagai situs-situs ulasan tersebut untuk melihat bagaiamana kesan dan pendapat netizen mengenai usaha pariwisata Anda.
Pengawasan yang konsisten ini akan memudahkan Anda menjaga citra bisnis dengan melakukan langkah-langkah persuasif sebelum konten negatif menghambat bisnis Anda atau bahkan bisa mem-viral-kan kesan-kesan positif yang disampaikan oleh konsumen Anda.
DAFTAR ISI
Daftar Situs Ulasan Hotel dan Perjalanan Wisata
Demi memudahkan Anda, saya akan berbagi informasi mengenai beberapa (tepatnya 6) situs ulasan yang sangat perlu untuk Anda awasi.
1. TripAdvisor
Dikenal sebagai situs perjalanan terbesar di dunia, TripAdvisor memfasilitasi penggunanya untuk berbagi ulasan, rating, foto, informasi kontak, dan opini-opini mengenai hotel, restoran, atraksi wisata, dan bisnis perjalanan & pariwisata lainnya yang tersebar di seluruh dunia.
Situs ulasan ini dibangun pada tahun 2000 oleh Stephen Kaufer dan terus berkembang hingga kini mendapat lebih dari 435 juta ulasan, 390 juta kunjungan per-bulan, serta memiliki database lebih dari 6,8 juta akomodasi, restoran dan atraksi wisata (data Januari 2017).
2. Expedia
Expedia sebenarnya merupakan spin-off (bentuk pemisahan perusahaan tidak murni – alias masih “anak”) dari TripAdvisor yang memang pada kenyataannya memiliki 23 anak perusahaan lain.
Sedikit berbeda dengan TripAdvisor, Expedia berfokus pada pelayanan pemesanan online untuk tiket pesawat, reservasi hotel, sewa mobil, kapal pesiar, paket wisata, dan pelayanan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan pariwisata.
Lebih simpelnya, Expedia bisa disebut sebagai Online Travel Agency (OTA).
Meskipun demikian, Expedia juga berfungsi sebagai sumber lain dari ulasan dan rating yang berhubungan dengan perjalanan dan pariwisata – terlebih untuk hotel – yang terlihat dari 20 lebih situs Expedia lokal yang ada di seluruh dunia.
3. Booking.com
Seperti Expedia, Booking.com juga merupakan penyedia layanan reservasi online populer yang mempunyai sistem rating hotel sendiri.
Dibangun pada tahun 1996 dan sekarang berada di bawah perusahaan Priceline, Booking.com memimpin industri reservasi hotel online dengan jaminan harga terendah untuk hotel serta tidak mengenakan biaya reservasi kepada penggunanya.
Hingga sekarang, situs ini telah menarik setidaknya 30 juta pengunjung per-bulan yang terdiri dari wisatawan maupun pebisnis.
Satu data lagi yang mungkin perlu Anda ketahui, dalam satu hari, sekitar 1,2 juta kamar terjual di Booking.com. Menurut Anda, apakah ini angka yang fantastis?
4. Travelocity
Pemain industri lainnya yang hampir sama dengan Expedia dan Booking.com adalah Travelocity.
Situs ini memberikan penawaran dan layanan pemesanan online kepada penggunanya yang mencari hotel, penerbangan, paket wisata, sewa mobil, kapal pesiar, dan aktivitas perjalanan lainnya.
Seperti Booking.com, situs ini memberikan jaminan harga terendah sembari tetap mencantumkan penilaian / rating, ulasan tamu, bahkan rating berupa simbol “senyuman” di hasil pencarian situs ini.
5. Hotels.com
Situs web lainnya yang memberikan pelayanan pemesanan kamar hotel secara online (atau melalui telepon) adalah Hotels.com. Situs ini memiliki lebih dari 145.000 hotel yang tersebar di sekitar 19.000 lokasi di seluruh dunia (catatan: ini merupakan data tahun 2012. Belum ada publikasi resmi dari hotels.com untuk data terbaru).
Hotels.com merupakan bagian (sebagai afiliasi) dari Expedia, Inc.
Meskipun begitu, ada banyak perbedaan fitur layanan yang membedakan Hotels.com dengan Expedia, seperti program “Hotels.com Welcome Rewards” dan indeks harga hotel (berupa ulasan dua tahun sekali terhadap tren harga kamar hotel internasional. Catatan: pada saat tulisan ini dibuat, indeks harga hotel sedang tidak tersedia di situs Hotels.com).
6. Foursquare
Foursquare memang bukanlah situs pemesanan kamar atau paket wisata seperti beberapa situs web yang kita bahas di atas. Namun jangan salah menilai situs yang satu ini.
Tanpa memberikan pelayanan Bussiness to Customer (B2C) pun, situs ini merupakan salah satu favorit para pejalan untuk mencari lokasi serta melihat ulasan bisnis terkait pariwisata, seperti restoran, toko, hotel dan destinasi wisata.
Didirikan pada tahun 2009 oleh Dennis Crowley, Foursquare sekarang tidak hanya memberikan informasi ulasan saja, akan tetapi juga sudah menerapkan sistem rating poin untuk membantu penggunanya untuk menemukan hotel dan bisnis lokal yang kemungkinan mereka sukai, alias sudah mulai merambah pada ranah kecerdasan buatan untuk memberikan saran kepada penggunanya.
Kesimpulan
Daftar di atas tidaklah mencakup semua situs ulasan perjalanan wisata & hotel yang ada di dunia maya, karena memang situs-situs tersebut terus bertambah dan berkembang.
Namun, harapan terbesar saya dari informasi ini adalah Anda bisa memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk memantau bagaimana bisnis Anda dilihat oleh calon pelanggan secara online di situs-situs mainstream yang memiliki pengguna banyak.
Sehingga Anda bisa segera merespon ulasan-ulasan bernada negatif dan meningkatkan opini positif yang dimuat pada situs-situs ulasan di atas.
Sumber Resmi : www.studipariwisata.com
No comments:
Post a Comment